Kegiatan Liburan Jika ada Panggilan


Dukung Ekonomi Mesir, BatikIndonesiaWarnai Cairo International Fair 2011
Wednesday, 27 April 2011 08:45

Ditengah upaya Mesir mengokohkan kembali perekonomiannya pasca revolusi 25 Januari, Indonesiadengan produk-produk unggulannya kembali tampil pada Cairo International Fair (CIF) ke-44. KehadiranIndonesia pada CIF 2011 ini selain sebagai upaya untuk mempromosikan produk unggulan seperti batikIndonesia dan produk-produk non batik lainnya juga sebagai upaya untuk menunjukkan dukunganIndonesia kepada upaya transisi yang tengah dilakukan Mesir.

Cairo International Fair merupakan pameran tahunan terbesar di Mesir yang diselenggarakan di bawah naungan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Luar Negeri Mesir. CIF 2011 yang diselengarakan dari tanggal 15-23 April 2011 dengan tema “Normalisasi Pasar Mesir”  sebelumnya dijadwalkan untuk dilaksanakan pada Maret 6-11 Maret 2011, namun mengalami penundaan karena perkembangan situasi domestik di Mesir pasca revolusi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana CIF diikuti oleh lebih dari 20 stand dari berbagai negara di dunia, pada tahun ini jumlah negara yang ikut serta menurun drastis. Menurut Ketua Penyelenggara CIF, dari 26 negara asing yang mendaftar hanya 4 negara yang ikut aktif mengambil stand pada CIF tersebut, yaitu; Indonesia, China, Thailand dan Suriah, sedangkan Vietnam, Saudi Arabia, Lebanon dan Pakistan mengambil stand melalui agen mereka di Mesir.

Sementara itu untuk peserta lokal, dari 1300 perusahaan yang terdaftar hanya 300 perusahaan yang aktif mengambil bagian dalam pameran termasuk perusahaan BUMN yang menampilkan hasil industri dalam negeri antara lain furniture, home aplliances, peralatan rumah tangga, pakaian, karpet dan makanan kemasan.

Diakui oleh Kepala Pameran Mesir Eng. Sherif Salim bahwa pelaksanaan CIF tahun ini agak sepi karena pada umumnya perwakilan negara asing telah membatalkan keikutsertaannya pada CIF 2011 karena alasan keamanan Mesir yang belum pulih dan terjadinya penundaan pelaksanaan pameran dari jadwal semula pada Maret 2011. Pada tahun 2010 lalu jumlah negara yang mengikuti CIF sebanyak 25 negara.

Mengenai partisipasiIndonesia, beberapa saluran televisi Mesir melakukan liputan khusus mengenai partisipasi aktifIndonesiapada pameran dagang di masa transisi ini. Saluran televisi Mesir dalam wawancaranya kepada Atase Perdagangan KBRI Cairo, Lasminingsih Pradjakusumah antara lain menanyakan alasanIndonesiaikut aktif pada CIF 2011. Menanggapi pertanyaan tersebut, Atdag menyampaikan bahwaIndonesiaadalah sahabat Mesir yang terus mendukung Mesir dalam situasi apapun. Wujud dukunganIndonesiadalam masa transisi ini salah satunya adalah melalui partisipasi dalam CIF 2011.

PartisipasiIndonesiapada CIF 2011 ini tidak hanya memiliki nilai ekonomi tetapi juga nilai politis karena selain menjadi ajang promosi produk-produkIndonesiajuga menjadi ajang investasi politik yang sangat berharga dalam mengokohkan hubunganIndonesia– Mesir.

Pavilion Indonesia

Tema pavilionIndonesiapada CIF 2011 adalah “BatikIndonesia.” Beragam batik dan produk berbahan dasar atau bermotif batik hadir dalam stand Indonesia, seperti kain batik, kebaya, baju pria dan wanita serta anak-anak,  sprei, taplak meja, tas, busana muslim serta berbagai handicraft lainnya.

Selain aneka batik, stand Indonesiajuga diisi dengan produk-produk Indonesialainnya seperti teh dan kopi, aneka sabun mandi dan cuci, plastic ware dan lain-lain. Untuk mengisi standIndonesia, KBRI Cairo menggandeng tiga importir Mesir untuk menampilkan produk-produk yang mereka impor dariIndonesia yaitu; Habib Star Co. (produk sabun), Mohsen El Fayyoumy (furniture dan plasticware) dan Home Touch (handicraft).

Atdag KBRI Cairo yang mempersiapkan pavilion Indonesiajuga menjadikan kehadiran Indonesiapada CIF sebagai upaya meningkatkan citra produk budaya Indonesia. Selain menampilkan produk-produk handicraft yang bermutu, disajikan pula eksibisi potret pada dinding pavilion Indonesia yang menggambarkan pembuatan batik dan produk-produk dari batik serta display fesyen kain, kebaya serta kerudung yang serasi dan cantik dengan warna dan model yang berbeda setiap harinya.

Apresiasi Masyarakat Mesir

Kehadiran pavilion Indonesia di CIF 2011 dengan dekorasi dan ragam produk yang dipamerkan mendapat apresiasi besar dari publik Mesir. Hal ini dibuktikan dari jumlah pengunjung pavilion yang sejak dibukanya pameran sampai dengan hari terakhir, mencatatkan angka lebih dari 18.500 pengunjung. Adanya interaksi langsung antara pengunjung yang datang dengan para petugas standIndonesia, serta penataan yang apik menjadikan standIndonesiamenjadi yang paling digemari oleh para pengunjung CIF 2011.

Berbeda dengan kegiatan pada CIF 2010 lalu, tahun ini Penyelenggara mengijinkan para peserta dari luar negeri untuk melakukan retail. Hal ini dimungkinkan karena pada kenyataannya kecuali Cina tidak ada pengusaha yang datang dari negara-negara yang ikut dalam CIF 2011 ini. Baik Indonesia, Vietnam maupun Thailand semuanya memanfaatkan importir yang ada untuk mengisi stand mereka dan melakukan penjualanretail di stand masing-masing.

Permintaan terhadap produk-produk Indonesiayang dipamerkan dan dijual di stand Indonesiaterutama produk-produk plastic ware sangat tinggi. Bagi konsumen Mesir, produk-produk tersebut diakui memiliki kualitas yang baik dengan harga relative bersaing. Nilai transaksi retail di pavilionIndonesia yang tercatat sejak hari pembukaan sampai dengan penutupan sebesar LE 50.000 (Lima Puluh Ribu Pounds Mesir) atau sekitar USD 10.000. Jumlah yang lumayan besar di tengah kondisi ekonomi masyarakat Mesir saat ini.

sumber: http://indonesiacairo.org/index.php?option=com_content&view=article&id=963:batik-indonesia-primadona-stand-indonesia-di-cairo-international-fair-2011&catid=1:latest-news&Itemid=54

Iklan

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: